Add caption


"Hah...Lock Down?"


@MuznaNAs
Apa Itu Lockdown? Ini yang Dilakukan oleh Sejumlah Negara ...
"Hah.... Lock Down?". Mulut mungil itu terbuka lebar, lebih tepatnya melongo.
"Istilah apa itu?".  Dibenak anak usia tujuh tahun itu penuh tanya.
"Ada apa toh ini? ".
"Ada wabah … kata Mama?".
"Wabah Corona?,  seperti merk mobil, yang ayah punya?".
"Penyakit toh ini?, akibat  Virus katanya?, ya Allah...apa lagi ini?".
"Kok banyak yang meninggal di luar sana?".

“Astaghfirullah ... Indonesia ini belum lama bencana  banjir dibeberapa tempat, kini ada lagi ... bencana akibat makhluk tak kasat mata bernama Conora Virus Disease (Covid-19).  Aku tanya ah sama kaka”.

 “Apa sih Lock Down Ka?” Tanya si adik pada kakanya yang sudah kuliah.
Lock Down itu situasi yang melarang warga untuk masuk ke suatu tempat karena kondisi darurat, seperti kondisi wabah sekarang ini”.

“Contohnya gimana Ka?”.
“Misal nih, suatu Negara, maka negara itu  menutup  perbatasannya, agar tidak ada orang yang masuk atau keluar dari negara itu, bandara ditutup, tidak boleh ada penerbangan dari dan ke negara itu. Beberapa negara sudah memberlakukan Lock Down, tapi Indonesia tidak”.

“Kenapa Indonesia tidak, tapi di jalan-jalan masuk pada ditulisin Lock Down Ka?”.
“Ya, kebijakan negara berbeda-beda, meski negara tidak me-lock down, tapi warga negaranya sudah punya kesadaran, sehingga setiap dusun, di berbagai desa pada menutup akses orang masuk ke wilayahnya, agar warganya tidak terkena wabah, dan ini salah satu penyecegahan yang baik untuk memutus rantai penyebarannya”.

“Kenapa Ka banyak sekali yang  meninggal?”
“Itulah, Virus Corona ini disebut pandemi atau wabah penyakit yang global, menginfeksi seluruh dunia, kalau satu kota atau wilayah sudah ada yang kena dan banyak maka wilayah itu disebut Zona Merah”.

“Biar tidak kena kita harus bagaimana Ka?”.
“Cara penanganan Virus ini buat kita dengan mengurangi jumlah orang yang berkumpul, mengurangi kontak langsung dan menjaga jarak fisik, namanya social distancing”.
“Kalau yang sudah kena gimana?”.
“Harus di karantina atau diisolasi,  harus membatasi  bertemu dengan orang lain, agar tidak menularkan pada orang lain. Yang kena harus mengisolasi diri, yang belum juga harus menjaga jarak”.

“Oh … Ngerti aku ka, makasih ya”.

Jangankan anak kecil, orang dewasapun masih banyak yang tidak faham maksud  dari berbagai istilah yang muncul di saat pandemi ini. Semoga dengan kita faham akan lebih baik dalam menjalaninya. Dan wabah ini segera berlalu, agar kita semua bisa kembali beraktivitas  dengan normal.



#kelassalmanmenulis1
#safjogja
#covid-19stories


Comments

Popular posts from this blog